Monitor terbaik untuk tahun 2022

Monitor komputer terus berkembang pesat, dengan teknologi baru seperti OLED Flex, QD-OLED, dan platform pintar bawaan hanya dalam setahun terakhir saja. Itu di atas peningkatan besar dalam hal-hal seperti akurasi warna, ukuran, dan resolusi.

Pilihannya bagus tapi luar biasa, karena ada banyak produk di pasar ini dan banyak fitur. Pembeli sekarang harus mempertimbangkan hal-hal seperti HDR, kecerahan, akurasi warna, jenis teknologi tampilan, input lag, dan lainnya. Dan kemudian ada pertimbangan biasa seperti ukuran, penyesuaian, input, dan sebagainya.

Untuk membantu Anda dengan semua itu, kami telah meneliti model terbaru untuk semua jenis pasar, baik Anda seorang gamer, pengguna bisnis, atau pembuat konten. Baca terus untuk mengetahui model mana yang terbaik untuk Anda dan, terutama, anggaran Anda.

Monitor termurah masih TN (twisted nematic), yang khusus untuk penggunaan game atau kantor. Monitor VA (penyelarasan vertikal) juga relatif murah, sambil menawarkan kecerahan yang baik dan rasio kontras yang tinggi.

Namun, pembuat konten mungkin menginginkan layar LCD IPS (in-plane switching) yang memberikan akurasi warna, kualitas gambar, dan sudut pandang yang lebih baik.

Jika kecerahan maksimum penting, layar LCD quantum dot adalah cara yang tepat — yang biasanya ditemukan di layar yang lebih besar. Monitor OLED sekarang tersedia dan menawarkan reproduksi warna hitam dan warna terbaik, tetapi tidak memiliki kecerahan tampilan LED atau titik kuantum.

Plus, harganya sangat mahal. Jenis monitor OLED terbaru bernama QD-OLED dari Samsung baru saja keluar tahun ini. Keuntungan yang paling menonjol adalah bisa menjadi jauh lebih terang, dengan monitor yang ditampilkan di CES 2022 mencapai kecerahan puncak hingga 1.000 nits.

MiniLED sekarang banyak digunakan dalam tampilan kelas atas. Mereka mirip dengan teknologi quantum dot, tetapi seperti namanya, ia menggunakan dioda LED yang lebih kecil dengan diameter hanya 0,2 mm. Dengan demikian, pabrikan dapat mengemas LED hingga tiga kali lebih banyak dengan lebih banyak zona peredupan lokal, menghasilkan warna hitam yang lebih dalam dan kontras yang lebih baik.

Ukuran layar, resolusi dan format tampilan

Monitor terbaik untuk tahun 2022

Di zaman sekarang ini, aturan ukuran layar. Di mana layar 24 inci dulunya kurang lebih standar (dan masih dapat berguna untuk komputasi dasar), layar 27-, 32-, 34-, dan bahkan 42 inci telah menjadi populer untuk hiburan, pembuatan konten, dan bahkan bermain game akhir-akhir ini. .

Hampir setiap monitor dulunya berukuran 16:9, tetapi kini Anda dapat menemukan 16:10 dan bentuk tampilan lain yang lebih eksotis. Di sisi permainan dan hiburan, kami juga melihat monitor yang sangat lebar dan melengkung dengan rasio aspek seperti 21:9.

Namun, jika Anda memutuskan untuk membeli layar ultrawide, perlu diingat bahwa model 30 inci 21:9 memiliki tinggi yang sama dengan monitor 24 inci, jadi Anda mungkin akan mendapatkan layar yang lebih kecil dari yang Anda harapkan. Sebagai patokan, tambahkan 25 persen ke ukuran monitor 21:9 untuk mendapatkan ketinggian vertikal yang Anda harapkan dari model 16:9.

4K hampir merupakan keharusan bagi pembuat konten, dan beberapa orang bahkan menggunakan 5K atau hingga 8K. Perlu diingat, bahwa Anda memerlukan komputer yang cukup kuat untuk menggerakkan semua piksel tersebut.

Dan 4K harus dipasangkan dengan ukuran layar 27 inci ke atas, atau Anda tidak akan melihat banyak perbedaan antara 1440p. Pada saat yang sama, saya tidak akan mendapatkan model yang lebih besar dari 27 inci kecuali 4K, karena Anda akan mulai melihat pikselasi jika Anda bekerja dekat dengan layar.

Satu kategori baru yang perlu dipertimbangkan adalah monitor portabel yang dirancang untuk dibawa dan digunakan dengan laptop. Itu biasanya datang dalam resolusi dan ukuran 1080p dari 13-15 inci. Mereka biasanya memiliki penopang tipe penyangga ringan yang dapat dilipat untuk menjaga agar tetap kompak.

HDR

HDR adalah fitur monitor yang menarik untuk dimiliki akhir-akhir ini, karena menambahkan semangat pada hiburan dan game – tetapi berhati-hatilah sebelum memulai. Beberapa monitor yang mengklaim HDR pada materi pemasaran bahkan tidak sesuai dengan standar dasar.

Untuk memastikan bahwa tampilan setidaknya memenuhi spesifikasi HDR minimum, Anda sebaiknya memilih tampilan dengan peringkat DisplayHDR dengan setiap tingkat mewakili kecerahan maksimum dalam nits.

Namun, tingkat DisplayHDR 400 dan 500 terendah mungkin mengecewakan Anda dengan kurangnya kecerahan, warna hitam pudar, dan reproduksi warna biasa-biasa saja. Jika Anda mampu membelinya, pilih model dengan DisplayHDR 600, 1000 atau True Black 400, True Black 500, dan True Black 600. Pengaturan True Black dirancang terutama untuk model OLED, dengan tingkat hitam maksimum pada 0,0005 nits.

Jika televisi biasanya menawarkan HDR10 dan Dolby Vision atau HDR10+, sebagian besar monitor PC hanya mendukung standar HDR10, selain beberapa model (yang sangat mahal).

Itu tidak terlalu penting untuk pembuatan konten atau permainan, tetapi streaming HDR di Netflix, Amazon Prime Video, dan layanan lainnya tidak akan terlihat terlalu menarik. Selain itu, sebagian besar model yang mendukung HDR600 (dan yang lebih baru) adalah game, bukan monitor pembuatan konten – dengan beberapa pengecualian.

Tingkat penyegaran

Kecepatan refresh adalah fitur utama, terutama pada monitor game. Minimal saat ini adalah 60Hz, dan kecepatan refresh 80Hz ke atas jauh lebih nyaman di mata. Namun, sebagian besar tampilan 4K mencapai 60Hz dengan beberapa pengecualian langka dan spesifikasi HDMI 2.0 hanya mendukung 4K pada 60Hz, jadi Anda memerlukan setidaknya DisplayPort 1.4 (4K pada 120Hz) atau HDMI 2.1.

Yang terakhir ini sekarang tersedia di sejumlah monitor, khususnya tampilan game. Namun, ini hanya didukung pada NVIDIA RTX 3000- dan 4000-series terbaru, GPU AMD RX 6000-series.

Input

Pada dasarnya ada tiga jenis input tampilan modern: Thunderbolt, DisplayPort, dan HDMI. Sebagian besar monitor yang dibuat untuk PC dilengkapi dengan dua yang terakhir, sementara beberapa monitor terpilih (biasanya dibuat untuk Mac) akan menggunakan Thunderbolt.

Untuk menambah kebingungan, port USB-C mungkin Thunderbolt 3 dan dengan ekstensi, kompatibel dengan DisplayPort, jadi Anda mungkin memerlukan adaptor kabel USB-C ke Thunderbolt atau DisplayPort tergantung pada tampilan Anda.

Kedalaman bit warna

Pembuat konten konten yang serius harus mempertimbangkan monitor 10-bit yang lebih mahal yang dapat menampilkan miliaran warna. Jika anggaran menjadi masalah, Anda dapat menggunakan panel 8-bit yang dapat memalsukan miliaran warna melalui dithering (sering kali disebut sebagai “8-bit + FRC”). Untuk tujuan hiburan atau bisnis, monitor 8-bit biasa yang dapat menampilkan jutaan warna sudah cukup.

Gamut warna

Aspek lain dari warna adalah gamut. Itu mengungkapkan rentang warna yang dapat direproduksi dan bukan hanya jumlah warna. Sebagian besar monitor bagus saat ini dapat mencakup gamut sRGB dan Rec.709 (masing-masing dirancang untuk foto dan video).

Namun, untuk pekerjaan yang lebih menuntut, Anda pasti menginginkan yang dapat mereproduksi gamut modern yang lebih menuntut seperti gamut AdobeRGB, DCI-P3 dan Rec.2020, yang mencakup rentang warna yang lebih luas. Dua yang terakhir sering digunakan masing-masing untuk proyeksi film dan HDR.

Game konsol

Baik Xbox Series X dan Sony PS5 dapat menangani game HDR 4K 120Hz, jadi jika Anda menyukai resolusi dengan kecepatan murni, Anda pasti menginginkan monitor yang dapat mengimbangi. Resolusi 4K, HDR, dan setidaknya 120Hz adalah titik awal minimum, tetapi untungnya ada layar 27 inci dengan spesifikasi mulai di bawah $1.000.

Kekurangan harga dan suku cadang

Meskipun pandemi telah mereda, pasokan monitor masih sedikit lebih ketat daripada tingkat pra-pandemi karena masalah penawaran dan permintaan. Untuk itu, Anda mungkin kesulitan menemukan monitor di Amazon, B&H, atau di tempat lain dengan harga eceran yang disarankan. Untuk panduan kami di bawah ini, kami mendasarkan pilihan kami pada MSRP, selama harga jalanan tidak melebihi lebih dari $25.

1. Samsung T35F

Monitor dengan keseimbangan ukuran, kecepatan refresh, dan akurasi warna terbaik adalah Samsung T35F 1080p 27 inci seharga $160. Ini bagus untuk bisnis atau game ringan dan pekerjaan konten, berkat panel IPS dan kecepatan refresh 75Hz. Plus, tampilannya cukup menarik dan modern. Ada beberapa hal yang tidak Anda dapatkan dengan harga tersebut, tentunya – hanya bisa miring dan memiliki koneksi HDMI 1.4.

2. LG 24GL600F

Jika Anda baik-baik saja dengan layar yang lebih kecil dan lebih suka bermain game, opsi lain yang solid adalah LG 24GL600F 24 inci. Ini menawarkan kecepatan refresh 144Hz yang tinggi dengan dukungan AMD FreeSync, waktu respons 1 ms dan input lag yang rendah. Anda juga mendapatkan input HDMI dan DisplayPort, tetapi seperti T35F, tidak ada penyesuaian ketinggian.

3. Monitor HP U28 4K HDR

Monitor HP U28 4K HDR 28 inci seharga $330 adalah pilihan yang tepat, terutama untuk pembuat konten. Panel IPS 60Hz dan kalibrasi pabrik memberikan akurasi warna yang sangat baik dan ukuran yang bagus untuk pekerjaan kreatif atau bisnis.

Muncul dengan DisplayPort, HDMI, dan tiga port USB 3.0, bersama dengan port USB-C dengan pengisian daya 65W untuk laptop atau tablet. Dan mudah diatur dengan tepat, berkat penyesuaian ketinggian, putar, dan pivot.

4. Gigabyte G27QC

Jika Anda lebih menyukai bermain game, Gigabyte G27QC seharga $300 adalah pilihan teratas. Panel melengkung 27 inci, 1440p memiliki ukuran dan resolusi yang ideal untuk bermain game, dan memiliki kecepatan refresh 165Hz yang cepat dan waktu respons 1 ms. Anda dapat terhubung melalui koneksi HDMI 2.0 atau DisplayPort 1.2 dan mendapatkan dukungan HDR – meskipun tanpa sertifikasi DisplayHDR.

5. Monitor QHD HDR BenQ 27 inci

Model BenQ 27-inci 2K QHD HDR $400 ideal untuk pekerjaan kreatif, khususnya pengeditan foto dan desain grafis. Meskipun resolusi dibatasi hingga 1440p, ini mencakup 100 persen gamut warna sRGB dengan nilai akurasi “Delta E” kurang dari 3 untuk performa warna yang konsisten.

Anda juga mendapatkan penyesuaian ketinggian, pivot, dan putar (90 derajat penuh), dengan HDMI 2.0, DisplayPort 1.4, dan USB-C daisy chaining serta pengiriman daya 65W.

6. LG 32UN650-W

LG 32UN650-W 32 inci adalah monitor 4K yang bagus untuk hiburan, tugas kreatif, dan bermain game. Panel IPS 31,5 inci, 60Hz mencakup 95 persen gamut DCI-P3 yang luar biasa dengan warna 10-bit, tetapi juga mendukung AMD FreeSync untuk bermain game.

Ini juga mendukung HDR, meskipun hanya dengan kecerahan maksimum 350 nits. Ini memiliki port HDMI 2.0 dan DisplayPort 1.4, penyesuaian kemiringan dan ketinggian dan bahkan speaker internal.

7. Gigabyte M28U

Monitor gaming M28U 28-inci 144Hz 4K Gigabyte pasti bisa melakukan banyak hal. Ini memiliki panel IPS dengan waktu respons 2ms (MPRT), cakupan DCI-P3 94 persen, sertifikasi DisplayHDR 400, 2 port HDMI 2.1 dan dukungan FreeSync Premium Pro. Harganya sedikit lebih mahal dari $500, tetapi kami sering melihatnya diobral seharga $480.

8. ViewSonic ColorPro VP2786-4K

Dalam kisaran harga ini Anda dapat memiliki resolusi, akurasi warna, atau kecerahan, tetapi tidak ketiganya. Yang memiliki keseimbangan terbaik adalah Monitor HDR 4K 27 inci ColorPro VP2786 ViewSonic seharga $1.000.

Panel IPS 10-bit yang sebenarnya mencakup 98 persen palet warna DCI-P3 dengan angka akurasi Delta <2 yang luar biasa, dan disertifikasi untuk pemeriksaan lunak oleh industri cetak Fogra yang menuntut.

Pada saat yang sama, ia menawarkan dukungan HDR10, meskipun dengan keluaran terbatas 350 nits. Bahkan termasuk kontrol roda “ColorPro” yang kompatibel dengan aplikasi Adobe atau Capture One.

9. Dell G3223Q

Monitor gaming 4K terbaik di bawah $1.000 adalah monitor Dell G3223Q 4K 32-inci HDR 144Hz karena kecepatan, kecerahan, dan kompatibilitasnya. Ini memiliki panel IPS dengan kecepatan refresh 144Hz, waktu respons 1ms GtG, cakupan DCI-P3 95 persen dan sertifikasi DisplayHDR 600. Plus, ia hadir dengan sepasang port HDMI 2.1 dan kompatibel dengan FreeSync dan G-Sync.

10. Dell P3223QE

Monitor Dell P3223QE 4K USB-C Hub berorientasi pada produktivitas, berkat konektivitas kabel Ethernet dan port USB-C yang menawarkan pengiriman daya hingga 90W untuk laptop.

Ini adalah panel IPS 4K dengan sudut pandang 178 derajat dan kecerahan 350 nits dan dukungan untuk satu miliar warna (8-bit + FRC). Ini menawarkan penyesuaian ketinggian, pivot, putar dan kemiringan, antarmuka pemasangan VESA dan input DisplayPort / HDMI.

11. Tampilan Studio Apple

Secara umum, monitor masalah kompatibilitas dengan MacBook dan Mac adalah masa lalu, meskipun Anda masih dapat mengalami masalah dengan hal-hal seperti kecepatan refresh, terutama pada M1 Mac.

Jika Anda lebih memilih untuk tetap berada dalam keluarga Apple, opsi yang paling hemat biaya tetaplah Apple Studio Display 27 inci seharga $1.600.

Ini mendukung resolusi 5K (5.120 x 2.880) dengan kecerahan hingga 600 nits, sehingga dapat menangani pekerjaan kreatif dengan mudah. Itu bahkan menyertakan kamera UltraWide 12 megapiksel yang membuat Anda tetap dalam bingkai melalui Panggung Tengah, bersama dengan rangkaian tiga mikrofon.

12. LG Ultrafine 4K dan 5K

Opsi pihak ketiga terbaik adalah layar LG UltraFine 4 seharga $700, juga dijual di Apple’s Store. Dengan panel 4K 24 inci, Anda tidak hanya mendapatkan resolusi sangat tinggi tetapi juga kecerahan 500 nits (walaupun, tanpa kemampuan HDR).

Warnanya akurat di luar kotak, menjadikannya bagus untuk pekerjaan pengeditan video dan foto di Mac atau MacBook. Terakhir, ini mendukung Thunderbolt 3 dengan rangkaian daisy dan pengiriman daya, yang semuanya sangat berguna bagi pengguna Mac yang mungkin menginginkan banyak tampilan.

13. LG 34GP950G-B

Monitor ultrawide 21:9 adalah pilihan yang bagus untuk beberapa jenis pembuatan konten, game (khususnya simulasi mengemudi dan terbang), dan pekerjaan produktivitas. Model terbaik tahun ini adalah LG 34GP950G-B, monitor lengkung 34 inci 3.440 x 1.440.

Panel IPS melengkung mendukung HDR10 dengan kecerahan 400 nits dan kecepatan refresh maksimum (melalui overclocking) 180Hz. Ini juga kompatibel dengan G-Sync dan FreeSync (yang terakhir hanya melalui DisplayPort).

Sumber : 

Baca Juga :